Selasa, 17 Juni 2014

contoh program kerja



PROGRAM KERJA
PEMBINA OLIMPIADE  KIMIA
MA AL-HUSINY

I.          PENDAHULUAN
Pendidikan memegang peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Rousseu (Emile, 176), tujuan utama pendidikan adalah memberi kemampuan pada manusi untuk hidup di masyarakat. Kemampuan ini beupa pengetahuan dan/atau keterampilan, serta perilaku yang diterima masyarakat. Kemampuan seseorang akan dapat berkembang secara optimal apabila memperoleh pengalaman belajar yang tepat. Untuk itu lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah harus memberi penglaman belajar yang sesui dengan potensi dan minat peserta didik.
Peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Menurut Quisumbing (003), kualitas pendidikan bersifat dinamis, saat ini berkualitas dan saat mendatang sudah ketinggalan. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan
Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui seleksi olimpiade kimia tingkat regional, nasional maupun internaional. Peranan sekolah dalam dalam pembinaan dan peningkatan kapaitas siw dalam mengikuti olimpiade perlu terus ditingkatkan. Maka perlu ada program pembnaan yang terpadu untuk memudahkan mendapatkan sisw yang mampu bersaing dlam mengikuti seleksi olimpiade kimia tingkat regional, nasional, maupun Inetrnasional.

II.          PERMASALAHAN
1.      Topik apa saja yang diujikan dalam olimpiade kimia tingkat regional, nasional maupun internasional ?
2.      Sejauh mana kedalaman dan pengembangan konsep dari setiap topic yang diujikan ?
3.      Konsep dasar apa saja yang perlu dikuasai untuk menyelesaikan setiap soal yang diujikan ?
4.      Bagaimana cara “melatih siswa” dalam menyelesaikan soal olimpiade kimia ?

III.          TUJUAN
Setelah kita dapat memecahkan masalah pada II (1,,3) diharapkan
1.      Melatih siswa menyelesaikan soal-soal olimpiade kimia
2.      Membuat soal-soal untuk olimpiade kimia, sehingga dapat menghasilkan juara yang berkualitas

IV.          STRATEGI UNTUK MENCAPAI TUJUAN
Untuk mencpai tujuan tersebut sebagai tahap awal kita perlu mengkaji dan menyelesaikan soal- soal dalam olimpiade kimia tingkat regional dan membuat soal-soal yang merupakan prediksi olimpiade yang akan datang.

V.          MATERI
1.      Stoikiometri
a.       Hukum dasar stoikiometri
b.      Konsep mol
c.       Persamaan kimia
d.      Hitungan kimia

2.      Struktur Atom
3.      Termokimlia
4.      Laju Reaksi
5.      Kesetimbangan Kimia
6.      Larutan :
a.       Asam-Basa
b.      Kekuatan Asam-Basa
c.       pH
d.      Larutan Penyangga
e.       Hidrolisis
f.       Kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp)
g.      Sifat koligatif larutan

7.      Reaksi Redoks dan Elektrokimia
8.      Kimia Unsur
9.      Kimia Karbon (Senyawa Karbon)
10.  Minyak Bumi
11.  Reaksi Kimia Karbon
12.  Biomolekuler
a.       Karbohidrat
b.      Protein
c.       Minyak dan Lemak

13.  Makromolekul (Polimer)
14.  Koloid
15.  Radioaktifitas
16.  Kimia Lingkungan

VI.          PESERTA
Peserta pembinaan olimpiade kimia MA Al-husainy Kota Bima adalah siswa kelas X yang telah lulus seleksi dalam penjaringan minat dan bakat

VII.          RENCANA KERJA
NO
KEGITAN
PELAKSANAAN
1.
.
3.
4.

Seleksi tingkat sekolah tahap awal
Seleksi tingkat sekolah tahap ke-
Pemberian materi dan penyelesaian sol-soal
Seleksi tingkat Kota Bima
Juli sd September 0013
Oktober 013
Nopember 013 sd April 014
April 013

VIII.          PENUTUP
Peranan sekolah dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas siswa dalam mengikuti olimpiade kimia yang bermutu perlu terus dilkukan. Semua unsur perlu melakukn sinergi secara terpadu, terprogram dan berkelanjutan
Penyusunan program kerja pembinaan olimpiade kimia tingkat sekolah dilakukan sebgai salah satu upaya memudahkan mendapatkan siswa yang mampu bersaing dalam mengikuti seleksi olimpiade kimia tingkat Kota Bima





Mengetahui
Kepala MA Al-Husainy Kota Bima




(.......................................................)





Kota Bima, 1 Agustus 013

Pembina



(......................................)
NIP.s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar