PROGRAM KERJA
PEMBINA
OLIMPIADE KIMIA
MA AL-HUSINY
I.
PENDAHULUAN
Pendidikan
memegang peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut
Rousseu (Emile, 176), tujuan utama pendidikan adalah memberi kemampuan pada
manusi untuk hidup di masyarakat. Kemampuan ini beupa pengetahuan dan/atau
keterampilan, serta perilaku yang diterima masyarakat. Kemampuan seseorang akan
dapat berkembang secara optimal apabila memperoleh pengalaman belajar yang
tepat. Untuk itu lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah harus memberi
penglaman belajar yang sesui dengan potensi dan minat peserta didik.
Peningkatan
kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.
Menurut Quisumbing (003), kualitas pendidikan bersifat dinamis, saat ini
berkualitas dan saat mendatang sudah ketinggalan. Oleh karena itu peningkatan
kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan
Salah satu usaha
untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui seleksi olimpiade kimia tingkat
regional, nasional maupun internaional. Peranan sekolah dalam dalam pembinaan
dan peningkatan kapaitas siw dalam mengikuti olimpiade perlu terus
ditingkatkan. Maka perlu ada program pembnaan yang terpadu untuk memudahkan
mendapatkan sisw yang mampu bersaing dlam mengikuti seleksi olimpiade kimia
tingkat regional, nasional, maupun Inetrnasional.
II.
PERMASALAHAN
1.
Topik
apa saja yang diujikan dalam olimpiade kimia tingkat regional, nasional maupun
internasional ?
2.
Sejauh
mana kedalaman dan pengembangan konsep dari setiap topic yang diujikan ?
3.
Konsep
dasar apa saja yang perlu dikuasai untuk menyelesaikan setiap soal yang
diujikan ?
4.
Bagaimana
cara “melatih siswa” dalam menyelesaikan soal olimpiade kimia ?
III.
TUJUAN
Setelah kita
dapat memecahkan masalah pada II (1,,3) diharapkan
1.
Melatih
siswa menyelesaikan soal-soal olimpiade kimia
2.
Membuat
soal-soal untuk olimpiade kimia, sehingga dapat menghasilkan juara yang
berkualitas
IV.
STRATEGI
UNTUK MENCAPAI TUJUAN
Untuk mencpai
tujuan tersebut sebagai tahap awal kita perlu mengkaji dan menyelesaikan soal- soal
dalam olimpiade kimia tingkat regional dan membuat soal-soal yang merupakan
prediksi olimpiade yang akan datang.
V.
MATERI
1.
Stoikiometri
a.
Hukum
dasar stoikiometri
b.
Konsep
mol
c.
Persamaan
kimia
d.
Hitungan
kimia
2.
Struktur
Atom
3.
Termokimlia
4.
Laju
Reaksi
5.
Kesetimbangan
Kimia
6.
Larutan
:
a.
Asam-Basa
b.
Kekuatan
Asam-Basa
c.
pH
d.
Larutan
Penyangga
e.
Hidrolisis
f.
Kelarutan
dan hasil kali kelarutan (Ksp)
g.
Sifat
koligatif larutan
7.
Reaksi
Redoks dan Elektrokimia
8.
Kimia
Unsur
9.
Kimia
Karbon (Senyawa Karbon)
10. Minyak Bumi
11. Reaksi Kimia
Karbon
12. Biomolekuler
a.
Karbohidrat
b.
Protein
c.
Minyak
dan Lemak
13. Makromolekul
(Polimer)
14. Koloid
15. Radioaktifitas
16. Kimia Lingkungan
VI.
PESERTA
Peserta
pembinaan olimpiade kimia MA Al-husainy Kota Bima adalah siswa kelas X yang
telah lulus seleksi dalam penjaringan minat dan bakat
VII.
RENCANA
KERJA
NO
|
KEGITAN
|
PELAKSANAAN
|
1.
.
3.
4.
|
Seleksi tingkat sekolah tahap awal
Seleksi tingkat sekolah tahap ke-
Pemberian materi dan penyelesaian
sol-soal
Seleksi tingkat Kota Bima
|
Juli sd September 0013
Oktober 013
Nopember 013 sd April 014
April 013
|
VIII.
PENUTUP
Peranan sekolah
dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas siswa dalam mengikuti olimpiade kimia
yang bermutu perlu terus dilkukan. Semua unsur perlu melakukn sinergi secara
terpadu, terprogram dan berkelanjutan
Penyusunan
program kerja pembinaan olimpiade kimia tingkat sekolah dilakukan sebgai salah
satu upaya memudahkan mendapatkan siswa yang mampu bersaing dalam mengikuti
seleksi olimpiade kimia tingkat Kota Bima
Mengetahui
Kepala MA Al-Husainy Kota Bima
(.......................................................)
|
|
Kota Bima, 1 Agustus 013
Pembina
(......................................)
NIP.s
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar