Selasa, 17 Juni 2014

PERMAINAN EDUKASI UNTUK ANAK SD DAN SMP



BOOM 007
  • Permainan sederhana, cukup menghitung secara urut. Tetapi untuk angka-angka kelipatan 7 (tujuh) dan mengandung satuan angka 7 (tujuh) harus diganti dengan teriakan “BOOM”. Contoh: 1, 2, 3, 4, 5, 6, BOOM, 8, 9, 10, 11, 12, 13, BOOM, 15, 16, BOOM, 18, 19, 20, BOO, 22, 23, 24, 25, …dst.
  • Bisa dilakukan dengan berbagai cara dan posisi, tetapi yang paling seru adalah dengan berbaris melingkar. Setiap pemain harus mengucapkan satu angka berurutan bergantian berputas searah jarum jam (atau sebaliknya) terus menerus dengan aturan di atas.
  • Jumlah pemain jangan sampai kelipatan 7 (tujuh), karena nantinya orang yang mengucapkan BOOM akan orang itu-itu saja.
  • Jika ada pemain yang melanggar aturan permainan dihentikan untuk memberi hukuman. Setelah itu permainan dilanjutkan dengan meneruskan hitungan. Sehingga makin lama angkanya makin besar dan semakin sulit.
  • Karena kunci permainan ini adalah konsentrasi, maka permainan harus dilakukan secara cepat. Antara pemain satu dengan pemain berikutnya tidak boleh ada jeda lebih dari 1 detik.
Kunci agar terhindar dari hukuman dalam permainan ini sebenarnya sangat mudah.  Cukup mengingat berapa angka yang kita dapatkan pada kesempatan pertama, tanpa memperhatikan pemain lain, tinggal jumlahkan angka tersebut dengan jumlah pemain yang ikut, itulah angka yang akan kita ucapkan berikutnya. Sehingga selama pengucapan terus berlanjut, kita punya cukup waktu untuk mengingat angka kita nantinya kelipatan 7 / satuannya angka 7 atau bukan.
Contoh bentuk hukuman, misalnya dicoreng denga arang atau bedak. Ata disuruh minum segelas air atau sesendok bubur sunsum yang terlalu asin.
Mencari Dengan Diam
Mencari Dengan Diam
Peralatan               : Perangko
Jumlah pemain     : berapa saja
Waktu                    : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan                                                          mengobservasi
Tujuan                    : – Melatih kemampuan mengobservasi
- Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir.  Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).


Permainan Mengenali Teman
Permainan Mengenali Teman
Peralatan               : Kertas kosong, alat tulis untuk tiap peserta
Jumlah Pemain    : Berapa saja
Waktu                    : 10-12 menit
Tujuan                    :  – Saling mengenal secara lebih mendalam
- Berani Mengungkapkan diri
- Melatih kecerdasan
Pemimpin membagikan kertas kosong kepada semua peserta. Seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (nama lengkap, data keluarga, status, sekolah/pekerjaan, hobi, alamat, dan sebagainya). Setelah itu kertas yang sudah terisi dikembalikan kepada pemimpin. Lalu pemimpin memberikan lagi secara acak kepada peserta. Pemimpin memberikan waktu 2-3 menit kepada para peserta untuk menghafal data pribadi kawannya itu. Kemudian pemimpin menunjuk kepada salah seorang peserta dan bertanya kepadanya tentang data pribadi yang ia terima. Peserta harus mampu menjawab pertanyaan pemimpin. Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperhatikan benar/tidaknya jawabannya.
Dalam Kolam
Dalam Kolam
Peralatan                : Sebatang kapur
Jumlah pemain      : bebas
Waktu                     : biasanya 10-15 menit
Tujuan                    :    – Melatih kecepatan/refleks
- Sebagai unsure hiburan
Anak-anak berdiri membentuk lingkaran dan di depan mereka digambar garis dengan kapur. Tiap anak harus menyentuh garis tersebut. Bila ada perintah “diair”, maka tiap orang melompat dengan kedua kakinya bersama-sama, masuk ke garis lingkaran. Bila perintahnya “didarat”, maka tiap anak melompat mundur. Perintah yang diberikan harus bervariasi, “diair, didarat, diair, diair”. Satu atau dua orang anak akan melompat dan jelas mereka akan dikeluarkan. Permainan ini cukup popular dan menyenangkan.
Petani dan Pencuri
Petani dan Pencuri
Peralatan                    : Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau potongan kain, atau                                             agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain          : bebas
Waktu                         : 8-10 menit
Tujuan                        : – Melatih kecepatan
- Unsur hiburan
Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak, yang jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar, seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilh petani baru.

Rebut dan Rampas
Rebut dan Rampas
Peralatan                : Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain      : bebas
Waktu                      : 10 menit
Tujuan                      : – Melatih kecekatan
- Melatih kesetiakawanan
- Unsur hiburan
Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter.. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka ia dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Jarak anatr anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu, perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama, maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.

1 komentar: